Tags

, ,

Setelah sebelumnya kita jalan-jalan ke Federasi Mikronesia, kali ini kita akan ke Kiribati. Tunggu sebentar, bagaimana Anda membaca Kiribati? Apa sama seperti dalam bahasa Indonesia? Sebenarnya Kiribati Anda bacanya kerebas atau kiribas. Jadi huruf ti dibaca s.

Di mana Kiribati itu? Dari Federasi Mikronesia kita lanjut ke timur terus ke tenggara sampai mentok di Batas Penanggalan Internasional atau dalam bahasa Inggris International Date Line. Yang namanya line umumnya lurus kan ya, tapi gara-gara Kiribati, garisnya menjadi bengkok. Ini semua dilakukan Kiribati agar semua wilayahnya berada pada sisi yang sama dari Batas Penanggalan Internasional.

Berikut gambaran tentang Batas Penanggalan Internasional dari laman Wikimedia.

Garis Bujur 180° menjadi Batas Penanggalan Internasional. Kiribati adalah negara pertama yang mengucapkan Selamat Tahun Baru, karena berada di zona waktu UTC+14. Samoa sendiri berada di zona waktu UTC+13, pada masa Daylight Saving Time (Waktu Musim Panas), mereka pindah sementara ke UTC+14.

Bagaimana sejarahnya?

https://en.wikipedia.org/wiki/International_Date_Line

Sebagai koloni Inggris, Kiribati dulu hanya punya kuasa atas Kepulauan Gilbert dan beribukota di Tarawa (sekarang pun masih). Kepulauan Gilbert berada di barat Batas Penanggalan Internasional. Sejak merdeka pada tahun 1979, mereka mendapatkan Kepulauan Phoenix dan Kepulauan Line dari Amerika Serikat. Dua kepulauan tersebut berada pada sisi timur Batas Penanggalan Internasional.

Pemerintah kala itu pusing karena dalam satu negara, di barat dan di timur hanya punya jumlah hari kerja yang sama yaitu 4 hari, sisanya tidak bersamaan. Untuk mengatasi anomali ini, tahun 1994, mereka memindahkan Batas Penanggalan Internasional mengitari di sisi timur Kepulauan Line. Pulau terbesar di Kepulauan Line adalah Kiritimati, yang dibaca Kirismas atau Keresmas. Pulau paling timur di Kepulauan Line yaitu Caroline juga disebut pulau Millenium.

Islands to Explore

About Kiribati

Practical Info