Tags

, , ,

Pemegang paspor negara-negara yang tidak dibebasvisakan oleh Rusia, bisa mendaftar e-visa melalui laman: https://evisa.kdmid.ru/en-US/Home/Index

Untuk pemegang paspor Indonesia, bisa berkunjung ke:

Kaliningrad Oblast

Saint Petersburg dan Leningrad Oblast

Pilih salah satu.

 

E-visa ini gratis. Namun, masuk keluar nya kita hanya boleh melalui bandara yang ada di wilayah yang kita akan kunjungi. Misalnya, kita berkunjung ke Saint Petersburg dan Leningrad Oblast. Kita masuk melalui Saint Petersburg, kita tidak bisa keluar Rusia melalui Moscow.

E-visa ini single-entry. Artinya, hanya bisa sekali pakai. Sejak diberikannya e-visa, kita punya waktu 30 hari untuk menggunakannya sebelum hangus. Dengan e-visa ini, kita hanya bisa berada di wilayah yang kita kunjungi selama 8 hari.

Kita tidak bisa jauh-jauh hari mendaftar untuk e-visa ini. Paling cepat kita bisa mendaftar itu 20 hari sebelum kita masuk Rusia. Kita juga tidak bisa mepet-mepet waktu terbang buat e-visa nya. Paling tidak sisakan 4 hari sebelum waktu terbang ke sana untuk daftar e-visa.

Jika Anda sudah punya visa biasa dari Kedutaan Rusia, Anda tidak perlu lagi e-visa untuk masuk ke wilayah-wilayah tersebut. Masuk saja.