Sepak Bola Asia Bekembang Pesat

DURBAN, KOMPAS.com – Gelandang Korea Selatan Sung-Yueng Ki berpendapat dengan keberhasilan timnya lolos ke perdelapan final membuktikan sepak bola Asia telah berkembang cepat. Karena itu, ia berharap Jepang juga bisa lolos ke perdelapan final Piala Dunia 2010.

Pada Piala Dunia kali ini, Korea Selatan, Jepang, Korea Utara, dan Australia menjadi wakil Asia. “Tageuk Warriors”, sebutan Korea Selatan, menjadi wakil Asia pertama yang lolos ke perdelapan final. Mereka berhasil menjadi runner up Grup B setelah menahan imbang Nigeria 2-2 pada laga ketiga, Selasa (22/6/2010). Keberhasilan ini sangat membanggakan karena untuk pertama kalinya mereka berhasil menembus perdelapan final di luar mereka jadi tuan rumah pada Piala Dunia 2002.

Wakil Asia lain Korea Utara sudah dipastikan terseingkir. Adapun peluang Australia untuk lolos ke perdelapan final sangat berat. “The Soceroos” berada di dasar klasemen dengan mengumpulkan satu poin atau kalah dua angka dari Serbia yang berada di peringkat ketiga. Pada laga terakhir, mereka harus berhadapan melawan Serbia. Tim Cahill dkk dituntut menang dengan jumlah gol yang cukup banyak.

Peluang terbaik dimiliki Jepang. Saat ini, “Samurai Blue”, julukan Jepang, berada diperingkat kedua klasemen Grup E. Mereka hanya butuh hasil seri ketika melawan Denmark di laga terakhir penyisihan grup, Jumat (25/6/2010) nanti.

“Aku ingin tim dari Asia bisa melangkah ke babak selanjutnya. Saat ini sepak bola Asia telah berkembang pesat, Aku pikir Korea adalah tim terbaik di Asia. jika Jepang bisa lolos akan menjadi sesuatu yang luar biasa,” jelas Yueng Ki. (GL)

http://bola.kompas.com/read/xml/2010/06/23/07055667/Sepak.Bola.Asia.Bekembang.Pesat